Manfaat Semangka Untuk Asam Urat

17.00
Manfaat Semangka Untuk Asam Urat

Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Kadar air yang ada di dalam buah semangka juga memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini bukan hanya kabar burung semata, melainkan memang sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang pernah dilakukan.

Manfaat buah semangka untuk asam urat ini disebabkan banyaknya kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh penderita asam urat. Salah satu penelitian yang pernah dilakukan adalah penelitian yang dilakukan terhadap para lansia yang ada di Dupak Bangunsari RT V RW 4 Kota Surabaya. Rancangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperiment Design dengan melibatkan 16 lansia yang mengalami hiperurisemia.

Baca juga: Manfaat Seledri Untuk Asam Urat

Hiperurisemia sendiri adalah salah satu tanda-tanda dari penyakit asam urat. Penelitian ini membagi 16 orang lansia menjadi 8 kelompok kontrol dan juga 8 kelompok eksperimen menggunakan teknik random allocation. Sebagai variabel independennya adalah jus semangka dan dependennya kadar asam urat.

Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil kadar asam urat sebelum mengkonsumsi jus semangka secara berkala dengan sesudahnya terdapat penurunan kadar asam urat dalam darah. Untuk kelompok eksperimen yang semula 8,9 mg/dl berubah menjadi 5,5 mg/dl. Sementara kelompok kontrol yang semula 8,8 mg/dl turun menjadi 8,7 mg/dl.

Buah yang rasanya manis dan segar ini kaya akan kandungan fitokimia dan juga gizi yang bisa mengatasi asam urat. Tidak hanya itu, likopen yang ada di dalam buah semangka pun mudah sekali larut dalam air sehingga mudah juga untuk diserap oleh tubuh. Manfaat semangka untuk asam urat dengan adanya likopen ini adalah bisa menangkal radikal bebas.

Cara agar Anda bisa merasakan manfaat semangka secara optimal yakni bisa memakannya secara langsung maupun dibuat jus. Jika Anda menginginkan untuk mengkonsumsi dalam bentuk juz caranya sebagai berikut:

  • Kupas semangka dari kulitnya, akan tetapi bagian semangka yang hijau di bawahnya jangan ikut dikupas
  • Potong-potong, lalu blender hingga halus. Ingat ya! Anda tidak perlu menambahkan air putih di dalamnya karena semangka sendiri sudah mengandung banyak air
  • Sebagai alternatif lain, Anda boleh menambahkan perasan jeruk, sirsak ataupun lemon
  • Konsumsi juz tersebut pada saat setengah jam sebelum sarapan dan sebelum makan malam secara teratur. 


Itulah informasi mengenai manfaat semangka untuk asam urat yang bisa Anda coba praktekkan. Tentunya tidak hanya mengonsumsi buah semangka saja, tapi Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga.

0 komentar