Ketahui Alasan Sepele yang Bisa Menyebabkan Gerd di SehatQ.com

08.49


GERD merupakan salah satu penyakit yang sangat umum menyerang masyarakat Indonesia. Asam Lambung merupakan sebuah kondisi dimana asam lambung naik sampai kerongkongan dikarenakan katup yang ada di bawah kerongkongan tidak kuat untuk menahan asam lambung.

Jika otot kerongkongan atau disebut dengan otot LES berfungsi dengan normal maka saat menelan maka akan membiarkan makanan masuk ke lambung. Selanjutnya katup tersebut akan menutup secara otomatis sehingga asam lambung tidak bisa naik ke kerongkongan. Namun jika otot ini melemah maka setelah terbuka biasanya otot menjadi rileks sehingga tidak bisa kembali tertutup secara otomatis.

Gejala Gerd

Asam lambung dapat menyebabkan gejala seperti rasa asam atau pahit di pangkal lidah. Selain itu juga dapat menyebabkan iritasi di bagian kerongkongan. Umumnya penderita gerd akan merasakan sesak nafas, dada terasa panas, nyeri ulu hati, mual, pusing dan bahkan menyebabkan anxiety.

Penyebab GERD

Ada beberapa penyebab kerja yang harus dikenali. Direktori penyakit diperlukan untuk membantu mencegah dan mengatasi Asam lambung. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang perlu untuk diwaspadai:

1. Kegemukan

Obesitas bisa menyebabkan seseorang mengalami GERD anxiety. Tekanan yang ada di dalam perut bisa memperparah kondisi penyakit yang dialami.

2. Hamil

Wanita hamil sering kali mengalami masalah asam lambung karena kadar hormon progesteron dan estrogen yang meningkat. Peningkatan hormon tersebut membuat otot LES menjadi rileks dan lemah sehingga menyebabkan asam lambung naik dengan mudah.

3. Merokok

Kebiasaan merokok ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab mudahnya mengalami penyakit asam lambung. Merokok sudah disebutkan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius termasuk asam lambung ini. Meskipun terdengar sepele namun pada kenyataannya memang merokok menjadi salah satu pemicu GERD yang harus diwaspadai.

4. Minuman Bersoda

Kebiasaan minum minuman yang tidak sehat seperti minuman bersoda juga bisa menyebabkan seseorang mengalami asam lambung. Minuman bersoda mengandung gas yang tinggi dan dapat menyebabkan asam lambung naik hingga kerongkongan.

5. Kebiasaan Mengkonsumsi Kopi dan Teh

Masyarakat Indonesia banyak sekali yang senang mengkonsumsi kopi dan teh setiap hari. Kandungan kafein yang ada pada teh dan kopi ternyata dapat menyebabkan seseorang mudah terserang asam lambung. Kurangi konsumsi kopi dan teh terutama saat perut kosong apabila ingin terhindar dari masalah asam lambung.

6. Sering Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan memang sangat nyaman karena ketika perut kenyang tubuh cenderung merasa ngantuk. Namun Anda harus berhati-hati karena tidur setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik dengan cepat sehingga menyebabkan gejala GERD. Setelah makan sebaiknya jangan langsung berbaring. Beri jeda selama 1 atau 2 jam untuk menghindari resiko penyakit asam lambung.

7. Kebiasaan Makan Makanan Pemicu Asam Lambung

Ada beragam jenis makanan yang dapat memicu penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung sering terjadi pada mereka yang senang mengkonsumsi makanan, berminyak, pedas dan juga asam. Anda harus berhati-hati dengan makanan ini terutama apabila sudah mengalami gejala asam lambung.

8. Sering Mengkonsumsi Coklat

Coklat memang sangat enak dikonsumsi. Namun ternyata coklat juga bisa menjadi salah satu makanan yang memicu asam lambung. Hal ini bisa terjadi terutama jika dikonsumsi terlalu sering. Direktori penyakit sangat bermanfaat bagi anda untuk mengetahui berbagai informasi seputar kesehatan dan penyakit termasuk asam lambung.

Penyakit asam lambung ternyata dapat disebabkan oleh hal-hal sepele. Anda harus berhati-hati dan berusaha untuk menjaga kesehatan dengan baik. Jika ingin terhindar dari penyakit asam lambung sebaiknya juga menjauhi penyebabnya. Dapatkan direktori penyakit yang lengkap melalui aplikasi SehatQ.com. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar